6 Gejala Asam Lambung Naik dan Ciri-cirinya

Gejala Asam Lambung Naik – Refluks asam adalah suatu kondisi yang terjadi ketika asam lambung mengalir melalui lambung dan masuk ke kerongkongan.

Menurut Web MD, saluran pencernaan tubuh kita terhubung ke perut dalam bentuk katup, yang berbentuk cincin otot atau yang dikenal sebagai sfingter esofagus bagian bawah.

Dalam situasi normal, katup ini akan menutup kembali setelah makanan lewat. Tapi, jika ada masalah, fungsi katup bisa terganggu, sehingga katup tidak menutup sepenuhnya, atau terkadang terbuka. Ketika katup di saluran pencernaan tidak sepenuhnya menutup, asam yang dihasilkan di lambung dapat bergerak melalui kerongkongan dan menimbulkan heartburn

Heartburn adalah sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan heartburn yang dirasakan penderita asam lambung bisa ringan sampai menyakitkan

Jika asam lambung bocor dari lambung ke kerongkongan setidaknya sampai mulut lebih dari dua kali seminggu, hal ini mengindikasikan gangguan refluks gastroesofageal (GERD).


Keasaman di lambung bisa meningkat karena masalah lambung. Selain itu, penyebab paling umum dari naiknya asam lambung adalah:

  • Makan terlalu banyak
  • Langsung berbaring setelah makan
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
  • Makan makanan tertentu seperti jeruk, tomat, cokelat, mint, sampai makanan pedas lain
  • Minum teh, kopi, soda, alkohol, dll
  • Merokok
  • Hamil
  • Efek samping obat-obatan

Jika asam lambung dilepaskan ke kerongkongan, tubuh Anda bisa merasakan berbagai gejala.

Tanda dan gejala asam lambung mungkin tergantung pada organ yang terkena . Inilah sebabnya mengapa orang yang berbeda menderita asam lambung menunjukkan gejala yang sama.

Ciri-ciri terkena asam lambung

Gejala refluks asam dapat berkisar dari ringan hingga berat. Melansir Healhline, berikut beberapa ciri-ciri Anda terkena penyakit asam lambung:

Heartburn

Heartburn adalah tanda paling umum dari refluks asam lambung.

Perut kita secara alami terlindung dari sifat korosif keasaman di perut. Jika katup untuk saluran pencernaan tidak berfungsi dengan baik, asam lambung di perut bisa naik ke kerongkongan dan memicu heartburn.

Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di dada Anda.

Heartburn yang merupakan masalah berulang yang dirasakan oleh mereka yang menderita asam lambung dapat berkisar dari sedang hingga parah.

Mulut terasa asam atau pahit

Beberapa penderita juga mengalami rasa tidak enak atau pahit di mulut, yang diikuti dengan rasa terbakar yang terjadi di mulut dan tenggorokan. 

Beberapa penderita juga melaporkan, rasa asam atau pahit di mulut ini diikuti timbulnya rasa panas mirip terbakar di tenggorokan dan mulut.

Regurgitasi

Regurgitasi adalah sensasi makanan, cairan, atau asam lambung yang mengalir ke kerongkongan. Pasien tertentu yang mengalami regurgitasi dapat muntah. Anak-anak dan bayi dengan GERD mungkin sering mengalami regurgitasi.

Dispepsia

Dispepsia adalah masalah usus yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di bagian atas atau tengah perut. Pasien yang menderita gangguan asam lambung dengan dispepsia mungkin mengalami mual serta sakit perut, mulas dan kembung. Mereka mungkin juga sering mengalami muntah dan bersendawa.

Sakit tenggorokan

Tanda lain dari refluks asam adalah sakit tenggorokan. 

Masuknya asam lambung ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Biasanya, mereka yang menderita sakit tenggorokan akan merasakan sakit tenggorokan, suara serak atau berdenging hingga terasa ada yang mengganjal di tenggorokan.

Batuk kering

Tanda lain yang terkait dengan refluks asam adalah batuk kering.

Batuk kering yang terjadi saat tenggorokan terkena asam lambung merupakan hal yang biasa terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Bernapas terus-menerus adalah reaksi normal tubuh untuk mengeluarkan zat asing dari tenggorokan, seperti asam lambung.

Penting untuk menyadari dan mencari pertolongan medis segera ketika gejala Anda berhubungan dengan asam lambung yang mengalir dari lambung ke kerongkongan cukup parah dan menyebabkan gejala seperti:

  • Sakit perut dan heartburn sangat parah
  • Disertai nyeri dada
  • Dada terasa seperti diremas-remas, kencang, dan sangat sakit

Perawatan darurat juga diperlukan apabila penyakit asam lambung kambuh disertai gejala:

  • Sesak napas
  • Mual
  • Pusing
  • Berkeringat
  • Ada rasa sakit yang menjalar dari perut dan dada ke lengan, bahu, punggung, leher, atau rahang

Penting juga untuk mencari perawatan darurat ketika penyakit refluks asam meningkat disertai muntah dan BAB mengeluarkan darah

source

Baca juga:

5 Tanda-tanda penyakit tipes yang harus Anda ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *