5 Tanda-tanda Penyakit Tipes Yang Harus Anda Ketahui

Tanda-tanda Penyakit Tipes – Demam tifoid, juga disebut sebagai tifus disebabkan oleh bakteri di dalam usus halus. Penyebab infeksi ini adalah bakteri Salmonella, yang terdapat pada tinja atau kotoran hewan yang menginfeksi manusia dengan memakan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri ini.

Masa inkubasi bakteri Salmonella biasanya berlangsung antara satu dan dua minggu, namun tifus bisa bertahan hingga empat minggu. Berikut ini merupakan tanda-tanda penyakit tipes; berikut:

Demam tinggi

Demam tinggi merupakan gejala paling khas yang terjadi ketika seseorang terkena virus tifoid atau Demam Tifoid. Demam bisa sangat tinggi, mencapai suhu rata-rata pada 39,4 dan 40 C.

Gejala tersebut juga disertai dengan sakit kepala yang tidak nyaman, yang diikuti dengan rasa lelah dan lemas yang tidak kunjung hilang. Tubuh juga mungkin mengalami kedinginan.

Batuk kering

Dalam beberapa minggu pertama, timbul batuk kering yang bisa dilihat sebagai tanda tifus. Selain itu, penderita tifus juga dapat dilihat dari penurunan nafsu makan.

Jaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang bergizi. Jangan lupa pantau asupan air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Diare

Selain nyeri otot disertai demam tinggi, yang disertai kelelahan, masalah pencernaan juga sering terjadi. Misalnya sembelit atau diare (sembelit). Dari luar perut tampak kembung, yang umumnya hal ini biasanya terlihat pada pasien dewasa.

Jangan menunggu terlalu lama untuk mengunjungi dokter Anda. Jika Anda tidak segera mendapatkan pengobatan, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti pendarahan usus.

Mual muntah

Salah satu gejala yang lebih umum yang dapat terjadi ketika pencernaan terpengaruh adalah muntah dan mual. Hal ini juga dirasakan oleh penderita demam tifoid, karena bakteri mulai menyerang saluran pencernaannya.

Selain itu, penderita tifus sering merasa lelah dan lemah sepanjang hari sehingga berbaring, tidak melakukan olahraga apa pun adalah postur yang paling nyaman.

Muncul ruam merah

Beberapa pasien dengan demam tifoid dan demam tifoid menunjukkan karakteristik tertentu yang tidak selalu identik. Misalnya, muncul ruam merah yang bisa menjadi indikasi tifus.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah diagnosa penyakitnya memang benar. Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk mengambil sampel darah di laboratorium untuk memastikan hasil yang akurat dan untuk perawatan lebih lanjut.

source

Baca juga:

Penyakit Sinusitis, Jenis, Gejala dan Cara Mengobatinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *