Ini Dia 6 Penyebab Utama Masalah Prostat yang Perlu Diketahui!

Penyebab Utama Masalah Prostat

Penyebab Utama Masalah Prostat: Faktor Yang Harus Diketahui

Penyebab utama masalah prostat | Prostat adalah kelenjar yang terletak di antara kandung kemih dan penis pada pria. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan semen yang membantu sperma dalam proses pembuahan. Meski begitu, banyak pria yang mengalami masalah pada prostat mereka. Beberapa masalah tersebut adalah pembengkakan, peradangan, dan kanker prostat. Nah, kira-kira apa saja faktor penyebab prostat ini? Simak penjelasan berikut!

1. Usia

Faktor pertama yang harus kamu ketahui adalah usia. Pria yang telah memasuki usia 50 tahun ke atas rentan mengalami masalah prostat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh mereka. Hormon testosteron yang berperan dalam pertumbuhan prostat akan terus meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan pada prostat yang disebut sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH).

2. Faktor Genetik

Selain usia, faktor genetik juga menjadi penyebab prostat. Jika ayah atau kakekmu pernah mengalami masalah prostat, maka kamu berisiko mengalami kondisi yang sama. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 5-10% kasus kanker prostat disebabkan oleh faktor genetik.

3. Pola Makan

Pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor penyebab prostat. Konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, gula, dan garam bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami BPH atau kanker prostat. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan bisa membantu menjaga kesehatan prostat.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan kurang olahraga juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah prostat. Merokok bisa merusak kesehatan prostat karena asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memicu peradangan. Sedangkan olahraga bisa membantu menjaga kesehatan prostat karena bisa membantu mengurangi risiko obesitas dan meningkatkan aliran darah ke prostat.

5. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi faktor penyebab prostat. Infeksi ini bisa menyebabkan peradangan pada prostat yang disebut dengan prostatitis. Prostatitis bisa menyebabkan gejala seperti nyeri panggul, kesulitan buang air kecil, dan nyeri saat ejakulasi.

6. Obesitas

Obesitas juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah prostat. Hal ini disebabkan karena kelebihan berat badan bisa menyebabkan peradangan pada prostat dan meningkatkan risiko BPH serta kanker prostat. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal bisa membantu menjaga kesehatan prostat.

Itulah beberapa faktor penyebab prostat yang harus kamu ketahui. Meski begitu, kamu bisa mencegah risiko terkena masalah prostat dengan menjaga gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok. Selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin juga bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah prostat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami gejala yang mencurigakan terkait kesehatan prostatmu. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Baca juga: Nyeri saat kencing? Waspadai gejala kanker prostat