Jangan Anggap Remeh! 5 Penyebab Mata Merah yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab Mata Merah

Penyebab Mata Merah dan Cara Mengatasinya

Mata merah adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun terlihat seperti masalah kecil, namun tetap saja hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mata merah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti alergi, infeksi, kelelahan, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang penyebab mata merah dan cara mengatasinya.

Alergi

Alergi adalah salah satu penyebab mata merah yang umum dialami banyak orang. Alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, atau makanan tertentu. Ketika tubuh terpapar dengan zat-zat tersebut, tubuh akan merespon dengan cara melepaskan histamin, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada mata. Gejala yang terjadi meliputi mata merah, gatal, dan berair.

Cara mengatasinya: Jika kamu mengetahui bahwa alergi adalah penyebab mata merahmu, maka kamu harus menghindari faktor pemicu alergi tersebut. Misalnya, jika kamu alergi terhadap debu, maka bersihkan rumah secara teratur dan gunakan masker saat membersihkan. Jika alergi yang kamu alami cukup parah, maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat alergi yang tepat.

Infeksi

Infeksi adalah penyebab lain dari mata merah. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala yang terjadi meliputi mata merah, bengkak, nyeri, dan keluar cairan dari mata.

Cara mengatasinya: Jika kamu mengalami gejala seperti di atas, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa mata kamu dan memberikan obat yang tepat untuk mengatasi infeksi tersebut.

Kelelahan

Kelelahan juga dapat menyebabkan mata merah. Ketika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gadget, maka mata kamu akan menjadi kering dan iritasi. Hal ini dapat menyebabkan mata merah dan bengkak.

Cara mengatasinya: Agar mata kamu tidak terlalu lelah, maka kamu harus melakukan istirahat secara teratur. Jangan terlalu sering menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gadget. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan tetes mata untuk membantu menjaga kelembaban mata.

Cedera

Cedera juga dapat menyebabkan mata merah. Cedera dapat terjadi akibat benturan atau goresan pada mata. Gejala yang terjadi meliputi mata merah, bengkak, dan nyeri.

Cara mengatasinya: Jika kamu mengalami cedera pada mata, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa mata kamu dan memberikan obat yang tepat untuk mengatasi cedera tersebut.

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau mata merah akibat peradangan pada selaput lendir mata juga dapat menjadi penyebab mata merah. Gejala yang terjadi meliputi mata merah, gatal, dan berair.

Cara mengatasinya: Jika kamu mengalami gejala seperti di atas, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa mata kamu dan memberikan obat yang tepat untuk mengatasi konjungtivitis tersebut.

Itulah beberapa penyebab mata merah dan cara mengatasinya. Jangan menganggap remeh masalah mata merah, karena hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan mata kamu. Jika kamu mengalami gejala yang cukup parah, maka segera konsultasikan dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan informasi tentang mata merah.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit Mata yang Wajib Kamu Ketahui, Jangan Disepelekan