Intip Penyebab Asam Urat: Mengapa Gout Bisa Menyerang Anda dan Bagaimana Mengatasinya

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi pada manusia. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi dan jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri. Asam urat umumnya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat atau kurang berolahraga. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab asam urat. Berikut ini adalah beberapa penyebab asam urat dan cara mengatasinya.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Purin adalah senyawa yang ditemukan dalam protein hewani dan sayuran tertentu. Makanan yang tinggi purin antara lain daging merah, makanan laut, hati, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang tinggi purin dan ganti dengan makanan yang rendah purin seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, minum banyak air juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

2. Kegemukan atau Obesitas

Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Hal ini disebabkan karena orang yang kegemukan atau obesitas cenderung memproduksi lebih banyak asam urat dan kurang efektif dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh. Selain itu, kegemukan juga dapat menyebabkan tekanan pada sendi, yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Untuk mengatasinya, sebaiknya lakukan diet sehat dan olahraga secara teratur. Diet sehat dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi produksi asam urat, sedangkan olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol atau hindari sama sekali. Jika Anda tidak dapat menghindari konsumsi alkohol, sebaiknya minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

4. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena ginjal bertanggung jawab dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, asam urat akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan asam urat.

Untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi penyakit ginjal. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan seperti diuretik, aspirin, dan obat-obatan kemoterapi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena obat-obatan tersebut dapat mengganggu pengeluaran asam urat dari tubuh.

Untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengambil obat-obatan tertentu. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab asam urat dan cara mengatasinya. Sebaiknya lakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari faktor risiko yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Jika Anda mengalami gejala asam urat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga: 5 Mitos tentang asam urat