3 Obat Tradisional Penurun Panas Untuk Anak

Bagi orang tua, Anak adalah segalanya, sehingga orang tua akan melakukan apapun demi menjaga anak-anaknya tetap sehat. Tetapi walaupun orang tua sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan anak-anaknya, tetap saja pada suatu ketika, anak-anak akan terganggu kesehatannya. Contoh yang paling umum terjadi adalah anak sakit panas.

Ketika badan anak panas, tentunya hal ini akan membuat anak menjadi rewel. Sehingga mengakibatkan orang tua menjadi panik dan cemas. Karena umurnya yang masih kecil, penggunaan obat-obatan berbahan kimia sebaiknya dihindari. Orang tua dapat menggunakan obat-obatan tradisional penurun panas yang ada di sekitar kita. Apa saja? yuk kita simak;

Bawang merah untuk penurun panas

bawang merah menurunkan panas anak

Bawang merah dikenal ampuh untuk dijadikan obat tradisional penurun panas anak. Bawang merah kaya akan kuersetin, sikloaliin metilalin, floroglusin dan minyak atsiri yang baik bagi kesehatan tubuh si anak. Dan semua kandungan tersebut mampu membuat panas anak menurun.

pbat penurun panas anak

Banyak sekali bumbu-bumbu dapur yang dapat anda gunakan sebagai obat tradisional penurun panas anak. Seperti yang disebutkan tadi di atas, Selain bawang merah yang mampu mengatasi panas si anak, ternyata kunyit juga mampu mengatasi panas anak.

Kandungan di dalam kunyit seperti curcumin, zingiberen dan turmeron yang mampu menurunkan panas anak. Selain menurunkan panas anak, kunyit juga mampu menjadi antioksidan, antibakteri dan juga anti inflamasi.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat tradisional penurun panas anak sangat mudah caranya. Anda hanya perlu mencampur air hangat sebanyak setengah gelas kemudian campurkan parutan kunyit sebanyak serusa jari. Selanjutnya Anda dapat mengambil sarinya setelah campuran tadi menjadi dingin. Lalu minumkan pada anak, lebih manjur lagi jika sari kunyit tadi anda tambahkan madu dan sedikit perasan air jeruk nipis.

Temulawak obat turun panas anak

Temulawak sudah sangat terkenal akan khasiatnya sebagai obat tradisional penurun panas anak. Banyak produk obat penurun panas yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasar obat. Ini dikarenakan di dalam temulawak mengandung banyak nutrisi seperti xanthorrhizol, germacrene dan alpha betha curcumena yang mampu menurunkan panas anak. Kandungan-kandungan tersebut juga dapat menjadi anti inflamasi dan antibiotik.

Agar lebih aman dikonsumsi, alangkah lebih baik anda membuat sendiri ramuan tersebut, yakni dengan cara memarut 1 ruas jari temulawak kemudian anda campur dengan air sebanyak setengah gelas.

Aduk hingga merata lalu saring, ambil sarinya dan ditambah dengan madu lalu anda berikan kepada sang anak untuk diminum. Madu yang anda campurkan tadi akan memberikan rasa manis, sehingga anak mau untuk meminum obat tersebut.

Banyaknya hasil alam yang dapat digunakan sebagai obat, alangkah lebih baik jika anda gunakan semaksimal mungkin manfaatnya. Seperti bawang merah, kunyit, dan temulawak yang mampu menjadi obat tradisional penurun panas anak, harus anda gunakan semaksimal mungkin.

Bahan yang didapat dari alam tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya, apalagi jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah cukup.

Baca juga:

Anak Susah Makan – Apa Penyebab dan Bagaimana Menyiasatinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *