Mengatasi Sariawan bagi Pengguna Kawat Gigi

Mengatasi Sariawan – Penyakit sariawan memang bukanlah penyakit yang berbahaya ataupun mematikan tetapi tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sariawan menyebabkan orang yang menderitanya menjadi tidak nyaman. Sariawan dapat muncul dalam berbagai ukuran. Dan meskipun kecil, sariawan dapat menyebabkan rasa sakit yang membuat penderitanya enggan untuk berbicara ataupun makan.

Penyebab Sariawan

Hingga sekarang, masih belum diketahui pasti yang menyebabkan sariawan meski ada dugaan bahwa sariawan memiliki kaitan erat dengan daya tahan tubuh yang menurun. Kurangnya asupan gizi, terutama vitamin B12 dan zat besi atau alergi dan trauma bisa menjadi alasan dibalik mengapa seseorang memiliki sariawan.

Stres dan perubahan hormonal, seperti yang terjadi saat siklus menstruasi juga bisa jadi penyebab sariawan selain panas dalam.

Orang yang memakai kawat gigi juga cenderung memiliki risiko lebih terkena sariawan karena ketika seseorang menggunakan kawat gigi akan terjadi gesekan antara jaringan lunak yang ada dalam mulut dengan braket kawat gigi yang agak tajam.

Meskipun begitu dikatakan bahwa seiring dengan waktu, frekuensi sariawan yang muncul akan berkurang karena mulut akan beradaptasi untuk menyesuaikan diri.

Cara Mengatasi Sariawan

Selain kawat gigi, kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut juga merupakan faktor penting. Karena itulah jika Anda tidak ingin terkena sariawan, sebaiknya Anda memastikan kebersihan mulut dan gigi Anda tetap terjaga. Karena selain sariawan, ada banyak hal lain yang bisa terjadi karena kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga seperti peradangan gusi dan sakit gigi.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi merupakan obat untuk mengatasi sariawan akibat kawat gigi yang paling efektif. Untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, Anda harus rajin menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari. Lebih baik lagi jika Anda melakukannya setelah Anda makan dengan begitu sisa makanan yang tertinggal dapat dibersihkan.

Bagi orang yang memakai kawat gigi, disarankan sikat gigi dengan bulu yang tipis sehingga lebih efektif. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan yang lengket atau renyah karena makanan yang seperti inilah yang dapat dengan mudah menempel pada braket. Selain menggosok gigi, Anda juga bisa menggunakan obat kumur.

Bagi yang sudah terlanjut terkena sariawan, Anda dapat mencoba untuk mengobati sariawan tersebut menggunakan Cooling 5 Plus Orange – Obat Sariawan, Sakit Tenggorokan dan Radang Gusi. Klik di sini untuk informasi selengkapnya

Demikian sedikit share mengenai cara mengatasi sariawan akibat kawat gigi. Semoga bermanfaat

Baca juga:

Ciri-ciri radang tenggorokan yang harus Anda tahu

Penyakit Sinusitis, Jenis, Gejala dan Cara Mengobatinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *