Ciri-Ciri Terkena Radang Tenggorokan yang Harus Anda Tahu

Ciri-ciri terkena radang tenggorokan itu bagaimana ya? Pernahkah anda merasa sakit pada tenggorokan saat menelan makanan? atau Tenggorokan anda terasa kering disertai demam tinggi dan menggigil? Waspadai itu merupakan salah satu gejala penyakit Radang Tenggorokan.

Radang Tenggorokan yang sering disebut Faringitis, merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada faring atau tenggorokan yang kemudian menjadi radang. Sebagian besar penyebab terjadinya Radang Tenggorokan adalah bakteri dan virus

Ciri-ciri terkena radang tenggorokan

ciri-ciri terkena radang tenggorokan

Penting untuk kita mengetahui ciri-ciri atau gejala peyakit Radang Tenggorokan agar dapat dilakukan penaganannya dengan cepat dan tepat. Tentu saja hal ini dapat mengantisipasi lebih lanjut akibat sering radang tenggorokan.

Ada dua gejala yang harus diperhatikan yaitu gejala awal dan gejala lanjut terjadinya radang tenggorokan. Gejala awal yang harus diperhatikan diantaranya;

  • Berdehem, adalah indikasi dari tenggorokan yang terinfeksi virus
  • Gatal pada tenggorokan, merupakan ciri dari infeksi virus dan bakteri

Gejala Lanjut Radang Tenggorokan

Dalam gejala lanjutan, perlu kita ketahui antara gejala atau ciri-ciri terkena Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dan disebabkan oleh virus untuk penanganan yang sesuai.

Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri biasanya lebih berat dan lebih parah daripada infeksi yang disebabkan oleh virus. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri biasanya telah tertular 2-7 hari sebelumnya.

Ciri-cirinya adalah adalah:

  • Sakit di leher, leher akan terasa sakit dan tegang.
  • Susah dan sakit saat menelan makanan.
  • Terdapat warna merah cerah atau bercak putih pada leher
  • Tubuh akan merasa demam tinggi, suhu badan meningkat drastis dan disertai dengan menggigil

Sedangkan Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya lebih ringan, walaupun lebih ringan pengobatan menggunakan antibiotik tidak cocok untuk itu, karena dengan pemberian Antibiotik dapat menyebabkan resistensi atau kekebalan kuman pada Antibiotik.

Ciri-ciri dari Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh virus adalah:

  • Gatal, pedih, dan perih terasa dalam tenggorokan.
  • Bersin-bersin yang disertai batuk-batuk sehingga menyebabkan serak.
  • Demam ringan dan disertai pegal-pegal di beberapa persendian.

Apabila anda sudah terkena ciri-ciri atau gejala Radang Tenggorokan, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi dan menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Benarkah merokok dapat menyebabkan keriput?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *