Cara Mengetahui Jika Anda Berisiko Terhadap Hepatitis

Cara Mengetahui Jika Anda Berisiko Terhadap Hepatitis

Ada berbagai jenis hepatitis, dan kita akan mencari tahu tentang gejala, penularan dan pengobatan berbagai jenis hepatitis tersebut.

Di seluruh dunia ada lebih dari 350 juta orang terinfeksi virus hepatitis, dan hanya seperempat dari mereka yang tahu bahwa mereka menderita hepatitis. Dalam beberapa kasus penderita hepatitis dapat menderita seumur hidup, tidak terpengaruh oleh diagnosis positif mereka. Namun, dalam kasus lain jika tidak diobati dan terdeteksi, Hepatitis dapat menyebabkan kerusakan pada hati Anda. Oleh karena itu penting untuk memahami status kesehatan Anda sehubungan dengan hepatitis, serta mengetahui apa sebenarnya hepatitis itu.

Di bawah ini, Anda dapat menemukan semua pertanyaan Anda tentang hepatitis yang ditangani. Misalnya: Apa sebenarnya Hepatitis itu? Bagaimana penyebarannya secara spesifik? melalui kontak seksual? Dan, bagaimana Anda melindungi diri dari virus?

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada peradangan di hati.” kata Hwan Yoo M.D., ahli gastroenterologi bersertifikat dan ahli penyakit dalam di The Institute for Digestive Health and Liver Disease yang berlokasi di Mercy Medical Center di Baltimore. Ada banyak bentuk hepatitis yang berbeda, serta alasannya, klaimnya, yang sebagian besar dinamai berdasarkan huruf alfabet.

Hepatitis dapat disebabkan oleh faktor lingkungan (seperti penyalahgunaan alkohol dan racun, obat-obatan seperti mengkonsumsi alkohol, racun, obat-obatan, dll.) Namun, hepatitis dapat menyebabkan penyakit virus menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Beberapa tipe Hepatitis tertentu (lihat: Hepatitis A) umumnya bukan masalah besar. Jika tidak terdeteksi dan tidak diobati, jenis lain (seperti Hepatitis C) dapat menjadi lebih parah. Dalam beberapa kasus bahkan bisa mengakibatkan kematian. Menurut Johns Hopkins Medicine, Hati bertanggung jawab dalam menyaring darah, melawan benda asing, serta memproses nutrisi, dan ketika hati terluka atau meradang karena strain terkait Hepatitis, proses ini akan melambat atau berhenti, yang mengarah ke aliran darah “kotor”. , infeksi dan malnutrisi.


Berbagai Jenis Hepatitis

“Di Amerika Serikat, Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C adalah varietas yang paling umum digunakan yang membawa penyakit” menurut Dr. Pearlman. Ada banyak strain lain juga. Kita akan mencari tahu lebih banyak tentang mereka di sini.

Hepatitis A

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A. Hepatitis A merupakan jenis yang paling tidak berbahaya. Hepatitis A merupakan penyakit jangka pendek yang umum, virus dapat menyebabkan gejala yang biasanya berlangsung sekitar dua bulan sebelum menghilang. Strain ini sangat menular, namun ada vaksin untuk hepatitis A (yang sebagian besar orang dapatkan ketika mereka masih bayi) yang membuat kasus jenis ini menjadi kurang umum.

Hepatitis B

Penyakit ini disebabkan oleh virus Hepatitis B. Penyakit ini menyebabkan komplikasi jangka panjang atau jangka pendek. Penyakit hepatitis B berisiko bagi bayi. Namun, dengan vaksinasi hepatitis B ini (yang merupakan vaksin paling umum yang diberikan kepada orang-orang sebagai bayi) telah secara signifikan mengurangi kasus Hepatitis B khususnya di Amerika Serikat.Baca juga  Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Lancar

Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C yang dianggap sebagai virus hepatitis yang paling sering ditemui. Virus ini bersifat akut dan bersifat jangka pendek. Hepatitis C dapat menyebabkan penyakit kronis yang sama parahnya dengan kanker hati dan sirosis hati. Tidak ada vaksin yang tersedia untuk jenis virus ini. Bagi mereka yang memiliki akses ke pengujian hepatitis serta pilihan pengobatan, obat antivirus efektif selama lebih dari 90%.

Hepatitis D

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis D. Pada penelitian yang dilakukan oleh Dr. Pearlman menemukan bahwa sekitar lima persen pasien dengan Hepatitis B juga menderita bentuk ini.

Hepatitis E

Tidak ada vaksin untuk mengobati penyakt yang disebabkan oleh virus hepatitis E ini. Namun, infeksi ini cukup jarang terjadi, terutama di negara-negara di mana setiap orang dapat mengakses air bersih dan persediaan makanan yang memadai. Kabar baiknya adalah bahwa, kecuali untuk kejadian Hepatitis E kronis yang sangat jarang terjadi pada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, sebagian besar orang yang terkena virus dapat pulih sepenuhnya tanpa komplikasi.

Hepatitis autoimun

Hepatitis autoimun tidak disebabkan ketika penyerbu asing masuk ke dalam tubuh, tetapi lebih disebabkan dari tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Khususnya, ketika tubuh mulai membuat antibodi terhadap jaringan hati Anda sendiri.

Hepatitis alkohol

Seperti namanya, hepatitis alkohol disebabkan oleh mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan dan secara secara berulang-ulang. Hati, yang merupakan organ yang terinfeksi hepatitis dan bertanggung jawab untuk memetabolisme alkohol. Namun, jika Anda mengekspos hati Anda ke alkohol lebih dari yang dapat diproses, hati Anda mungkin rusak.

Apakah Hepatitis itu Penyakit Menular Seksual, atau Infeksi Menular Seksual?

Hepatitis A

Virus Hepatitis A mengkontaminasi darah dan kotoran orang yang terkena. Ini biasanya menyebar melalui makanan yang terkontaminasi dan sumber air. Misalnya, jika seseorang yang menjadi koki memiliki kotoran atau darah di tangannya saat menyiapkan makanan yang Anda makan, atau buah yang tidak dicuci atau dikupas di tangan orang yang memiliki virus maka virus dapat masuk melalui makanan yang kita makan

Namun tidak menutup kemungkinan juga penyebaran virus melalui berbagi jarum suntik atau alat suntik yang kotor. Dalam hal penularan melalui kontak seksual, Hepatitis A Ini ditularkan melalui tindakan rimming (alias aktivitas seksual anal-oral) atau, aktivitas seksual lainnya yang menyebabkan partikel kotor masuk ke mulutnya, baik disengaja atau tidak (untuk misalnya, cunnilingus, blow-jobs atau scat play).

Hepatitis B

Hepatitis B dapat ditularkan melalui semua jenis cairan tubuh termasuk air mani, darah sekret vagina, sekret dubur, serta air susu ibu. Ini berarti bahwa itu dapat ditularkan selama menyusui dan juga melalui peralatan injeksi. “Hal ini juga ditransfer melalui semua jenis interaksi dengan sifat seksual,” kata Dr Pearlman. Ini sebenarnya jenis virus yang paling sering disebut sebagai IMS kata Dr Pearlman.

Hepatitis C

Hepatitis C dapat menular jika Anda bersentuhan dengan darah orang yang positif Hepatitis C. Biasanya melalui jarum suntik dan berbagi peralatan obat. Secara teori, hal itu bisa terjadi selama periode tidak terlindungi seperti seks atau jenis aktifitas lain yang melibatkan darah. “Ini juga dapat ditularkan dari bayi ibu yang belum lahir, dan secara tradisional menyebar melalui transplantasi organ atau transfusi darah lama ketika infeksi tidak diuji untuk mendeteksi,” tambah Dr Pearlman.

Baca juga  Gejala Penyakit Filariasis/ Kaki Gajah Dan Penyebabnya

Hepatitis D

Sekali lagi, Hepatitis D hanya merupakan pilihan bagi orang yang menderita Hepatitis B. Hal ini juga ditularkan melalui cairan tubuh mereka yang terinfeksi seperti urin dan darah, feses, darah dan cairan vagina, penis dan dubur. Ini dapat ditularkan melalui kontak seksual juga.

Hepatitis E

Seperti Hepatitis A, Hepatitis E sebagian besar ditularkan melalui mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi kotoran yang secara tidak disengaja oleh seseorang yang memiliki virus.

“Hal ini paling sering ditularkan melalui minum air yang terkontaminasi, atau makan makanan yang dimasak tetapi tidak dimasak dengan benar, seperti daging babi atau daging rusa atau makanan laut,” klaim Pearlman. Hepatitis E juga dapat ditularkan melalui kontak seksual oral, tambahnya. Namun, ini dianggap sebagai varian akut dari virus, yang berarti umumnya berjalan dengan sendirinya dan bukan kasus yang parah.

Gejala Hepatitis yang Paling Sering terjadi

Pada awalnya, penting untuk diingat bahwa tidak adanya gejala yang jelas bukanlah tanda diagnosis hepatitis positif. ” Seperti banyak infeksi virus dan menular seksual lainnya Banyak orang yang menderita hepatitis virus tidak menunjukkan gejala apa pun atau tidak menunjukkan gejala sampai beberapa dekade setelah penyakit awal mereka,” jelas Dr. Pearlman. Satu-satunya metode nyata untuk menentukan risiko hepatitis Anda adalah dengan menguji (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Apa saja tanda-tanda Hepatitis jika terjadi? terjadi? Gejala umum hepatitis virus akut adalah beberapa yang tercantum di bawah ini, menurut CDC:

  • kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan
  • mual
  • perut tidak nyaman
  • demam ringan

Jika virus berkembang menjadi gejala kronis atau parah mungkin termasuk urin berwarna gelap dan penyakit kuning yang keduanya merupakan tanda disfungsi hati, menurut Dr Pearlman. “Jika tidak diobati dengan benar, konsekuensinya dapat mencakup penyakit hati lanjut atau sirosis serta kematian” kata Dr. Yoo.

Pengobatan dan Pengujian Virus Hepatitis

Tes untuk menentukan Hepatitis A dan E direkomendasikan hanya untuk mereka yang mengalami gejala. Pedoman tes untuk Hepatitis B dan C tergantung pada faktor risiko, seperti penggunaan obat-obatan dan prevalensi seks anal dalam hubungan seksual Anda. Hal yang baik untuk menguji virus Hepatitis ternyata sangat sederhana. (Anda juga dapat menguji jenis Hepatitis tertentu dengan tes IMS di rumah.)

“Pada dasarnya diagnosis dibuat dengan tes darah, yang dapat dilakukan setiap kali sampel diperoleh dan petugas kemudian akan membawa virus ke laboratorium untuk menentukan apakah ada IMS, apakah virusnya parah (jangka pendek) maupun kronis (lebih lama). jangka dan lebih serius dan jika orang tersebut terinfeksi. Hasil tes biasanya memakan waktu 1 hingga 2 hari. (FYI Inilah frekuensi yang disarankan di mana Anda harus diuji untuk IMS secara umum.)

Ketika ada kemungkinan Anda mendeteksi jenis virus hepatitis yang positif, dokter Anda dapat merekomendasikan ultrasound, transien-elastography, MRI dan CT scan untuk menentukan seberapa serius kerusakan hati Anda, katanya.

Baca juga  Diabetes Tipe 2; Gejala, Pengobatan, Penyebab dan Tips Pencegahan

Jenis dan tingkat keparahan Hepatitis yang Anda derita akan menentukan cara dokter Anda memutuskan untuk mengobati infeksi.

“Hepatitis A biasanya sembuh tanpa pengobatan,” kata Dr. Yoo. Namun, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk meredakan tanda-tanda virus ini.

Hepatitis B

Hepatitis C Hepatitis B, Hepatitis C Hepatitis C, dan Hepatitis D semuanya memiliki berbagai obat yang dapat digunakan. “Untuk Hepatitis B dan D biasanya, pengobatan berfokus pada pengelolaan virus, tetapi tidak menghilangkan virus sepenuhnya,” katanya. “Tetapi dalam kasus Hepatitis C, ada pengobatan yang benar-benar dapat menghilangkan (membasmi) itu.” Dalam kasus yang jarang terjadi di mana Hepatitis C menyebabkan penyakit hati, beberapa pasien Hepatitis C dapat dimasukkan dalam daftar untuk transplantasi.

Tidak ada pilihan pengobatan yang disarankan untuk mengobati Hepatitis E, namun biasanya akan hilang secara alami.

Cara Menjaga Diri dari Hepatitis

Dapatkan imunisasi.

Saat ini, tidak ada vaksin untuk melindungi dari penyebaran hepatitis A dan hepatitis A, klaim Dr. Pearlman. (Tetapi karena hepatitis D hanya dapat ditemukan pada mereka yang memiliki virus B, vaksin Hepatitis B juga dapat memperlambat penyebaran virus D.)

Vaksin Hepatitis direkomendasikan untuk anak-anak yang berusia di atas 12 bulan. Ini adalah suntikan dua dosis yang membutuhkan setidaknya enam bulan terpisah. Ini juga tersedia untuk pasien dewasa dan remaja yang sebelumnya tidak pernah menerima suntikan.

Vaksinasi Hepatitis B ini diberikan dalam bentuk rangkaian 2-4 suntikan. Urutan biasanya diberikan kepada bayi antara mereka berusia antara 6 dan 18 bulan. usia. Namun, anak-anak yang lebih tua, remaja dan orang dewasa yang tidak ditawari vaksin sebagai bayi muda dapat memilih untuk mendapatkan vaksin juga.

Divaksinasi pada usia 18 tahun sangat penting ketika Anda bepergian ke tempat di mana Hepatitis lebih sering terjadi.

Pastikan Anda menggunakan jarum yang bersih

Jika Anda menyuntikkan hormon yang menegaskan jenis kelamin atau obat lain atau menggunakan obat-obatan, pastikan bahwa setiap kali Anda memasukkan jarum atau alat suntik ke kulit Anda, itu adalah jarum asli, saran dokter. manusia mutiara.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mengakses peralatan bersih, lihat Pusat Ketergantungan Amerika yang dapat menghubungkan Anda dengan program pertukaran jarum atau pertukaran jarum suntik di dekat Anda.

Gunakan pelindung saat berhubungan dengan pasangan

Seperti yang Anda lihat, jenis virus hepatitis dapat ditularkan melalui banyak tindakan seksual. Jadi, “menggunakan pelindung saat berhubungan seksual dengan orang lain adalah cara yang bagus untuk melindungi diri Anda sendiri,” menurut Dr. Pearlman. Jenis penghalang yang Anda pilih akan ditentukan oleh tindakan seks yang Anda lakukan.

Cari tahu lebih lanjut tentang hubungan Anda dengan alkohol.

Tip terakhir ini dirancang khusus untuk penyakit hati terkait alkohol. Jika Anda memperhatikan bahwa kebiasaan minum Anda meningkat dari biasanya dan Anda tidak yakin, lihat tanda-tanda bahwa kebiasaan minum Anda mungkin menjadi masalah.

Jika Anda memutuskan untuk membatasi asupan alkohol atau Jika Anda ingin mengurangi konsumsi alkohol, maka direkomendasikan untuk memilih minuman berenergi yang lebih ringan. Bahkan jika Anda minum dan menetapkan anggaran untuk minum atau membatasi minuman dan mencoba untuk memiliki beberapa hari tanpa alkohol.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like